Susah Berhenti Merokok, Dokter Dona Nainggolan Punya Solusi, Dipengaruhi Diri Sendiri

- 28 Mei 2024, 22:50 WIB
Susah berhenti merokok, dr Dona Nainggolan punya solusi.
Susah berhenti merokok, dr Dona Nainggolan punya solusi. /pandapotans/pixabay \ tumisu

 

 


MEDANSATU.ID - Susah berhenti merokok. Inilah yang sering dialami para pecandu yang doyan mengisap tembakau itu. Namun Spesialis Kesehatan Jiwa Sp. 2 dari Ikatan Alumni FKUI tahun 2023 Kelompok Staf Medis (KSM) Psikiatri Fitri Dona Nainggolan tahu jawabannya.

Menurutnya penyebab susah berhenti merokok lantaran disebabkan perubahan yang terjadi dalam tubuh dan psikologi seseorang.

“Kenapa susah berhenti merokok? Seseorang yang sudah berhenti merokok awalnya merasa nyaman, rileks dengan merokok itu mulai ada perasaan tidak nyaman di tubuhnya ketika tidak merokok, seperti ada ketegangan, emosinya jadi sensitif dan mudah marah.”

Baca Juga: Motif Pembunuhan Ibu Kandung di Medan Tersinggung Ditegur Lantaran Kuat Merokok, Penghasilan tak Ada

Dona menjelaskan dari hasil penelitian sebanyak 75 persen orang yang mencoba berhenti merokok mengalami kekambuhan di minggu keempat.

Saat orang berhenti merokok, kata Dona Nainggolan, tantangannya besar bukan hanya dari diri sendiri, tapi lingkungan juga.

Dona Nainggolan menambahkan, perasaan atau pikiran saat ingin merokok sebenarnya bisa dialihkan dengan melakoni kegiatan lain yang positif. Misalnya mengonsumsi makanan sehat, berolahraga atau ngobrol bersama keluarga maupun teman.

Halaman:

Editor: Pandapotan Silalahi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah