Alamak! MK Tolak Gugatan Sengketa Pileg PDI Perjuangan Gara-gara Hal Ini

- 21 Mei 2024, 14:30 WIB
Ggugatan PDI Perjuangan dalam sengketa Pileg 2024 ke MK (Mahkamah Konstitusi) ditolak.
Ggugatan PDI Perjuangan dalam sengketa Pileg 2024 ke MK (Mahkamah Konstitusi) ditolak. /pandapotans/antara

 

 


MEDANSATU.ID - MK alias Mahkamah Konstitusi menolak gugatan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa Pileg 2024. Gugatan itu diajukan oleh PDI Perjuangan (PDIP). Namun MK terpaksa menolak lantaran terdapat inkonsistensi atau ketidakkonsistenan dalam permohonan. Duh!

Permohonan yang diajukan ke MK oleh PDI Perjuangan itu bernomor perkara 52-01-03-12/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 untuk pengisian calon anggota DPR RI Dapil Jawa Barat 4. Diketahui, dalam hal ini pihak pemohon merupakan PDI Perjuangan dan pihak termohon lembaga KPU maupun pihak terkait dalam hal ini Partai Amanat Nasional (PAN).

Penolakan ini dikatakan Suhartoyo selaku Ketua MK dalam sidang pleno PHPU Pileg 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, sebagaimana disiarkan MEDANSATU.ID dari Antara pada Selasa 21 Mei 2024.

Baca Juga: Wakil Musa Rajekshah Ambil Formulir Balon Gubernur Sumut di PDI Perjuangan

Menyatakan permohonan pemohon (red, PDI Perjuangan), kata Suhartoyo, tidak dapat diterima!

Pun Hakim Konstitusi, Daniel Yusmic P Foekh menambahkan, penolakan gugatan sengketa Pileg ini sudah berdasarkan pemeriksaan secara seksama terhadap permohonan PDI Perjuangan.

Nah, dari hasil pemeriksaan, jelas Daniel Yusmic P Foekh, ditemukan ketidakkonsistenan substansi dalam posita permohonan.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Putusan MK Buktikan Pemerintah tak Bersalah

Dia menyebut di posita permohonan, PDI Perjuangan menyebutkan penghitungan suara yang benar menurut partai itu di Kabupaten Sukabumi berdasarkan formulir C Hasil Suara PDIP adalah 113.426 suara.

Namun, dalam petitum angka tiga, PDI Perjuangan meminta untuk menetapkan hasil perolehan suara Pemilu anggota DPR RI Tahun 2024 Dapil Jawa Barat 4 yang benar.

Hal ini berdasarkan formulir C hasil partai itu dengan rincian suara PDI Perjuangan mengoleksi 111.426 suara, sedangkan PAN 106.848.

Halaman:

Editor: Pandapotan Silalahi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah