Galeri Sejarah Tionghoa: Inspirasi di Balik Bukti-bukti Sejarah Etnis Tionghoa di Sumatera Utara

- 30 Maret 2024, 21:02 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin meresmikan Galeri Sejarah Tionghoa Sumut di Kampus STBA-PIA Gedung MITSU Jalan K.L. Yos Sudarso Lr. 12 XI Nomor 17 Glugur Kota Medan, Sabtu (30/3)
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin meresmikan Galeri Sejarah Tionghoa Sumut di Kampus STBA-PIA Gedung MITSU Jalan K.L. Yos Sudarso Lr. 12 XI Nomor 17 Glugur Kota Medan, Sabtu (30/3) /MUNAWAR HRP/Dinas Kominfo Sumut

MEDANSATU.ID - Sejarah etnis Tionghoa di kota Medan, dan sekitarnya, telah terjadi sejak masa kerajaan. Migrasi etnis Tionghoa ke Sumatera Utara, khususnya Kota Medan, telah meninggalkan banyak bukti peninggalan sejarah seperti situs Kota Cina dan situs Bongal di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Untuk memperlihatkan berbagai koleksi lukisan dan artefak tentang sejarah perjalanan etnis Tionghoa di Sumut, Perhimpunan Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumut (MITSU) baru-baru ini meresmikan Galeri Sejarah Tionghoa Sumut.

Galeri ini diresmikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, pada Sabtu, 30 Maret 2019.

Kehadirannya tidak hanya disambut dengan apresiasi atas berbagai koleksi yang dibuka untuk umum, tetapi juga sebagai refleksi inspiratif tentang apa yang telah dipersembahkan oleh para tokoh etnis Tionghoa di Sumut bagi pembangunan kota dan provinsi.

Baca Juga: Masyarakat Desak Pj Gubsu dan Komisi C DPRD Sumut Panggil Direksi PT Perkebunan Untuk Dievaluasi, Alasannya

Mereka telah turut andil di bidang perdagangan, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan teknologi.

Pj Gubernur Hassanudin mengapresiasi kehadiran Galeri Sejarah Tionghoa Sumut dan berharap galery ini bisa menginspirasi para generasi muda Tionghoa untuk melanjutkan dan mengembangkan apa yang disampaikan leluhur terdahulu.

Terlebih lagi, galeri ini dapat mengedukasi masyarakat Sumut tentang jejak perjalanan etnis Tionghoa di Sumut.

Ketua Galeri Sejarah Tionghoa Sumut, Juswan Joe, menyampaikan bahwa galeri ini dibangun atas gagasan dan ide para senior MITSU sejak enam tahun lalu.

Halaman:

Editor: Ayub MS

Sumber: Pemprov Sumut


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah