Sumut Bagaimana? Libur Panjang, Dishub DIY Intensif Periksa Bus Pariwisata

- 29 Mei 2024, 14:05 WIB
Sejumlah petugas sedang mengecek kelaikan jalan bus pariwisata. Bagaimana kondisinya di Sumatera Utara?
Sejumlah petugas sedang mengecek kelaikan jalan bus pariwisata. Bagaimana kondisinya di Sumatera Utara? /pandapotans/antara

 

 


MEDANSATU.ID- Libur panjang, kian dekat. Dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Istimewa Yogyakarta intensif memeriksa kelayakan. Bus pariwisata di daerah ini di 'ramp check' saat menjelang momentum libur panjang sekolah Juni-Juli 2024 untuk mencegah terjadinya kasus kecelakaan bus. Lantas bagaimana kondisinya di Medan maupun Sumatera Utara (Sumut)?

Sumariyoto selaku Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dishub DIY mengatakan 'ramp check' bus pariwisata bakal dilakukan saat destinasi wisata bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) DIY.

Setelah adanya kejadian (kecelakaan bus) di Subang (Jawa Barat), kata Sumariyoto di Yogyakarta pada Rabu 29 Mei 2024, maka setiap libur panjang selalu menugaskan teman-teman untuk memantau kondisi bus pariwisata di lapangan.

Baca Juga: Pengemudi Bus Listrik BRT Kota Medan Wajib Bersertifikasi, Demi Menjamin Keamanan dan Kenyamanan Penumpang

Sumariyoto seperti disiarkan MEDANSATU.ID dari Antara mengakui masih menemukan sejumlah bus pariwisata yang tak punya dokumen lengkap berdasarkan hasil 'ramp check'yang sudah dikerjakan selama dua kali momen libur panjang pada Mei 2024 ini.

Selain dokumen, sebut Sumariyoto, pihaknya juga mengimbau awak bus untuk ikut bertanggungjawab menjaga keselamatan penumpang.

Terkait kelayakan bus pariwisata, Sumariyoto menilai, masyarakat atau calon penumpang sejatinya bisa mengecek sendiri lewat laman Mitra Darat dari Kemenhub atau bertanya langsung ke pool bus bersangkutan.

Halaman:

Editor: Pandapotan Silalahi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah