Indonesia Juara SEA Games 2023 Setelah Jatuhkan Thailand 5-2, Penantian 32 Tahun

- 17 Mei 2023, 09:08 WIB
Indonesia Juara SEA Games 2023  Setelah Jatuhkan Thailand 5-2, Penantian 32 Tahun.
Indonesia Juara SEA Games 2023 Setelah Jatuhkan Thailand 5-2, Penantian 32 Tahun. /Antaranews/Medan Satu

MEDANSATU.ID - Timnas Indonesia sukses membawa harum nama bangsa setelah berhasil menjatuhkan marwah Thailand 5-2 pada laga Finalti di ajang Sea Games , Selasa 17 Mei 2023.

Gol perpanjangan waktu dari Irfan Jauhari, Fajar Rahman dan Beckman Putra membawa Indonesia meraih medali emas SEA Games untuk pertama kalinya sejak 1991 dengan kemenangan 5-2 atas tim Thailand yang menyelesaikan pertandingan dengan sembilan orang di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Jauhari mencetak gol satu menit menjelang babak tambahan pertama setelah Yotsakorn Burapha mencetak gol juga di detik-detik terakhir pertandingan dan membawa laga ini ke tambahan waktu dan membawa Fajar Fathur Rahman dan Becham Putra pada kemenangan dramatis.

Dua gol Ramadhan Sananta di babak pertama membuahkan optimisme kepada tim Indonesia meraih medali emas. Pemain berusia 20 tahun itu membuka skor di menit ke-21 ketika ia mengarahkan lemparan jauh kepada Alfeandra Dewangga melewati kiper Thailand Soponwit Rakyart.

Baca Juga: Moment Al Nahyan 'Si Ketua Medan' Diajarin Off Road Sama Bobby Nasution, Karakternya Medan Bingit

Pemain kelahiran 27 November 2002 ini, menggandakan keunggulan pada menit akhir babak pertama dengan cara yang spektakuler, melepaskan tembakan dari jarak 25 meter dengan tendangan datar di tepi area penalti. Membuat kedudukan menjadi 2-0 untuk Indonesia.

Thailand, yang ingin merebut gelar untuk ke-17 kalinya, memperkecil ketertinggalannya. Pada menit ke 65 melalui sundulan Anan Yodsangwal berhasil membobol gawang Indonesia. Ditambah lagi pada detik-detik akhir melalui Yotsakorn secara dramatis menyamakan kedudukan 2-2 hingga waktu tambahan

Namun bermain di babak tambahan kepercayaan diri pemain Indonesia kembali pulih dan hasil satu gol dihadiahakan Irfan Jauhari di menit ke 91, ketika ia dengan cekatan mengangkat bola melewati Soponwit sebelum perkelahian di bangku cadangan di pinggir lapangan meningkatkan ketegangan.

Soponwit dan pemain Indonesia Komang Teguh dikeluarkan dari lapangan oleh wasit karena bertengkar. Kemudian pemain Thailan harus pasrah dikurangi menjadi sembilan orang pada menit ke-101 ketika bek Jonathan Khemdee menerima kartu kuning kedua.

Halaman:

Editor: Ayub Fahreza

Sumber: Reuters.com antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x