8.624 Calon Haji di Sumut Siap Diberangkatkan, Persiapannya Mantap 100 Persen

- 5 Mei 2024, 13:45 WIB
Jemaah calon haji Sumut siap diberangkatkan pada 12 Mei 2024 mendatang.
Jemaah calon haji Sumut siap diberangkatkan pada 12 Mei 2024 mendatang. /pandapotans/antara

 

 

MEDANSATU.ID - Calon haji di Sumut yang akan diberangkatkan, menurut Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) persiapannya sudah mantap 100 persen.

Pemberangkatan jamaah calon haji di Sumut untuk Embarkasi Medan sudah rampung hingga mencapai 100 persen.

Hal itu dikatakan Ahmad Qosbi, selaku Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumut di Medan pada Jumat 3 Mei 2024.

Baca Juga: Halo Jemaah Haji, Inilah Perlengkapan yang Perlu Anda Bawa

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, kata Ahmad Qosbi seperti disiarkan MEDANSATU.ID dari Antara, sudah melakukan proses pemberangkatan jamaah calon haji asal Sumut tahun ini.

Pun, kata dia, Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus Kemenag Jaja Jaelani sudah melantik sedikitnya 44 PPIH Embarkasi/ Debarkasi Medan pada 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Pelantikan PPIH Embarkasi/Debarkasi dimaksud digelar di Asrama Haji Medan, pada Senin 29 April 2024 silam.

Baca Juga: Bobby Nasution Hadiahkan Gibran Sekeluarga Naik Haji Karena Ini

Jadi, kata Ahmad Qosbi, pula, Kakanwil Kemenag Sumut siap menyukseskan program penyelenggaraan dan memberangkatkan calon haji di Sumut tahun ini.

Ahmad Qosbi menguraikan, musim haji tahun ini sebanyak 8.624 jamaah calon haji di Sumut akan diberangkatkan ke tanah suci, di antaranya visa jamaah hampir rampung 100.

Dia merinci jamaah calon haji di Sumut sebanyak 8.328 kuota utama selanjutnya ada penambahan kuota 296 jamaah dan 121 petugas kelompok terbang hingga 66 petugas haji daerah.

Baca Juga: Indonesia Berangkatkan 241.000 Jemaah Haji, Terbesar Sepanjang Sejarah

Selain itu, jabar Ahmad Qosbi, disiapkan 31 pembimbing (kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah/KBIHU) dan 416 prioritas lansia (lanjut usia) tahun 2024 ini.

Ahmad Qosbi mengakui tahun ini Kementerian Agama memberikan kenyamanan bagi jamaah calon haji Indonesia dengan mengembangkan pelayanan konsumsi.

Baca Juga: Komisi 8 DPR RI Marwan Dasopang: Biaya Haji Tahun 2024 Rp56 juta

Untuk makanan, jelas Ahmad Qosbi, menu disesuaikan, sesuai kondisi jamaah calon haji. Untuk kategori resti (resiko tinggi) akan disesuaikan, lansia juga disesuaikan. Dengan begitu para jamaah calon haji nyaman sewaktu mengonsumsi makanannya.

Sesuai rencana, menurut Zulfan Efendi selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumut, Kloter I Embarkasi Medan akan berangkat 12 Mei 2024 mendatang.***

Editor: Pandapotan Silalahi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah