Profil Gian Piero Gasperini, Simak Perjalanan Pelatih Sukses yang Ukir Sejarah Atalanta di Eropa!

- 23 Mei 2024, 16:50 WIB
Profil Gian Piero Gasperini pelatih yang ukir sejarah Atalanta di Liga Europa 2023/2024.
Profil Gian Piero Gasperini pelatih yang ukir sejarah Atalanta di Liga Europa 2023/2024. /Adinda Lubis/Instagram.com/@seriea

MEDANSATU.ID - Gian Piero Gasperini adalah mantan pemain sepak bola dan pelatih asal Italia yang saat ini mengasuh klub Atalanta. Pelatih berusia 66 tahu itu memiliki perjalanan panjang dan berliku. 

Gasperini memulai karir dunia sepak bola profesional bermula sebagai pemain hingga menjadi pelatih. Dan meraih pencapaian signifikan di dunia sepak bola.

Gasperini memulai karir sepak bolanya sejak usia dini, bergabung dengan sistem pemuda Juventus saat berumur 9 tahun. Selama karir bermainnya, ia bermain di beberapa klub Serie B seperti Palermo, Cavese, dan Pistoiese.

Melansir dari situs statistik sepak bola Transfermarkt, lalu kesempatan besar datang pada 1987 ketika ia bergabung dengan Pescara di Serie A. Setelah itu Gasperini menghabiskan dua musim terakhir karir bermainnya di Vis Pesaro sebelum pensiun pada 1993.

Setelah gantung sepatu, Gasperini kembali ke Juventus pada 1994 sebagai pelatih di sistem pemuda klub. Ia melatih berbagai tim muda seperti Giovanissimi dan Allievi sebelum mengambil alih tim Primavera pada 1998.

Sejak kala itu Gasperini mulai membangun reputasi sebagai pelatih yang mumpuni soal mengembangkan potensi bakat muda.

Gasperini pun melanjutkan petualangan sebagai pelatih pada 2003. Dia memutuskan untuk meninggalkan Juventus dan menjadi pelatih kepala Crotone, sebuah klub Serie C1.

Alhasil pelatih yang kini berusia 66 tahu itu sukses membawa tim ini promosi ke Serie B melalui babak play-off. Gasperini menghabiskan dua musim di Serie B bersama Crotone sebelum dipecat pada musim 2004/2005.

Gasperini kemuian mengambil alih posisi pelatih kepala di Genoa pada 2026. Di musim pertamanya, ia berhasil membawa Genoa promosi ke Serie A.

Halaman:

Editor: Adinda Lubis MS


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah