Pentingnya Digitalisasi dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Indonesia

- 24 Maret 2024, 07:00 WIB
Teknologi digital membuka banyak peluang bagi UMKM untuk membangun usaha yang lebih berdaya saing dan berkelanjutan.
Teknologi digital membuka banyak peluang bagi UMKM untuk membangun usaha yang lebih berdaya saing dan berkelanjutan. /Medan Pikiran Rakyat/Dedi Suang /

MEDANSATU.ID-Pertumbuhan digital ekonomi di seluruh dunia memberikan pengaruh signifikan bagi perekonomian Indonesia.

Hal ini dibuktikan oleh Managing Director of KIT Knowledge Unit, Mayada El-Zoghbi, di mana Indonesia memiliki jumlah pengguna internet lebih dari 202 juta pengguna, serta 64% dari total penduduk Indonesia memiliki ponsel.

Selain itu, sebanyak 89% dari rumah tangga di Indonesia memiliki setidaknya satu telepon. Dalam hal ini, digitalisasi sangat penting untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Bagi BRI sebagai bank yang berfokus pada UMKM, digitalisasi menjadi pondasi dasar bagi transformasi digital yang terus dilakukan.

Baca Juga: Dapatkan Banyak Kemudahan Dalam Berbisnis Dengan Jadi Merchant BRI

Bahkan pada tahun 2023, tercatat 99% transaksi BRI dilakukan melalui kanal digital. Teknologi digital membuka banyak peluang bagi UMKM untuk membangun usaha yang lebih berdaya saing dan berkelanjutan.

Melalui pendekatan holistik program pemberdayaan terhadap UMKM, BRI menyediakan berbagai jenis pemberdayaan yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha mikro.

BRI melihat digitalisasi memiliki pengaruh positif untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kapasitas pelaku usaha, membuka akses pasar yang lebih luas, meningkatkan produktivitas, serta meningkatkan daya saing usaha.

Halaman:

Editor: Dedi Suang MS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x