Meski Ditopang Bansos, Ekonomi Sumut Terkesan Kinerja Ekstra, Apa Kata Pengamat Ekonomi Sumut

- 5 Februari 2024, 16:05 WIB
Pengamat Ekonomi Sumatera Utara Gunawan Benjamin saat memberikan pemaparan pertumbuhan rupiah saat ini, Kamis 21 September 2023
Pengamat Ekonomi Sumatera Utara Gunawan Benjamin saat memberikan pemaparan pertumbuhan rupiah saat ini, Kamis 21 September 2023 /Medansatu Pikiran Rakyat / Ded/

MEDANSATU.ID-Laju pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara (Sumut) di tahun 2023 hanya mencapai 5.01%, yang masih lebih rendah dari ekspektasi sebelumnya sebesar 5.1%.

Terlebih lagi, kinerja ekspor Sumut menunjukkan kecenderungan yang melambat baik jika dihitung secara kumulatif atau kuartalan dengan pertumbuhan yang negatif.

Penurunan kinerja ekspor menjadi beban bagi ekonomi Sumut, yang bahkan mengalami kenaikan impor sebesar 6.22% secara kuartalan (Q4 ke Q3).

Di sisi lain, ekspor mengalami kontraksi sebesar 0.01%. Hal ini mengakibatkan pengurangan pada perhitungan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), karena jumlah total ekspor dan impor harus dikurangkan.

Baca Juga: Bansos Cair Rp400.000 Masuk Rekening: Ini Cara Cek Daftar Penerima BLT Januari 2024!

Di sisi lainnya, konsumsi pengeluaran pemerintah mengalami kenaikan sebesar 10.01% secara kuartalan. Hal ini disebabkan oleh peningkatan bantuan sosial dan subsidi pada kuartal keempat tahun 2023.

Namun, pertumbuhan ekonomi Sumut masih lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di level 5.05%.

Halaman:

Editor: Dedi Suang MS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x