Tekanan di Pasar Keuangan Terus Berlanjut, IHSG Rawan Koreksi Kata Pengamat Ekonomi

- 6 Februari 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi IHSG
Ilustrasi IHSG /

MEDANSATU.ID-Tekanan di pasar keuangan dunia masih belum mereda dan memberikan dampak yang cukup signifikan bagi sebagian besar negara, termasuk Indonesia.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami fluktuasi yang cukup tinggi dan masih berada pada zona rawan koreksi meskipun sempat mengalami kenaikan pada sesi pagi.

Perdagangan IHSG akan berdampak pada perkembangan pasar saham Asia secara keseluruhan. Demikian kata pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin, Selasa 6 Februari 2024.

Sebab, mayoritas bursa di Asia masih diperdagangkan di zona negatif yang mengindikasikan bahwa dampak dari sentimen buruk masih terus menghantui bursa saham kawasan Asia.

Baca Juga: Pelaku Pasar Optimis Dollar Amerika Serikat Akan Melemah, IHSG dan Rupiah Menguat, Ini Penjelasan Pengamat

Meskipun IHSG mengalami penguatan pada sesi pagi, investor tetap harus waspada karena auto-korelasi IHSG dengan pasar saham Asia yang menunjukkan potensi koreksi yang sama.

Terlebih lagi, minimnya agenda ekonomi pada perdagangan hari ini membuat kinerja sektor keuangan masih akan bergantung pada faktor teknikal serta sentimen pasar yang berkembang di kawasan regional Asia.

Halaman:

Editor: Dedi Suang MS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x