Pasar Keuangan di Asia, Termasuk Indonesia Kembali Melemah, IHSG Terus Anjlok

- 29 Februari 2024, 10:00 WIB
ILUSTRASI pasar sekunder atau pasar keuangan.
ILUSTRASI pasar sekunder atau pasar keuangan. //Pixabay/PIX1861 /

 

MEDANSATU.ID-Pasar keuangan di Asia, termasuk Indonesia, kembali melemah.Pada perdagangan pagi ini, IHSG menunjukkan penurunan nilai dalam beberapa hari terakhir dan diperkirakan akan terus melemah.

Nilai tukar rupiah juga ikut melemah, dimulai pada perdagangan pagi ini dengan nilai 15.680 per US dolar Amerika Serikat dan kemudian menurun menjadi 15.700 per US dolar Amerika Serikat.

Selain alasan tekanan pasar yang berkaitan dengan IHSG, jumlah pelemahan ini juga dipengaruhi oleh pelaku pasar yang menunggu rilis data inflasi AS dan data indeks manufaktur China di akhir pekan.

Dua agenda ekonomi ini akan menjadi penggerak utama bagi pasar saham pada akhir pekan ini.Demikian Pengamat Ekonomi Sumut Gunawan Benjamin dalam keterangan persnya, Kamis 29 Februari 2024.

Baca Juga: Keputusan Bank Indonesia Tentang Bunga Acuan Akan Berdampak Terhadap Pasar Keuangan dan Investor

Karena itu, para pelaku pasar akan lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnis dan meningkatkan kehati-hatian mereka sebelum rilis data tersebut keluar.

Melihat situasi yang kurang menguntungkan ini, beberapa investor mungkin akan mencari instrumen investasi yang lebih aman.

Salah satu instrumen investasi yang menarik untuk dicermati adalah emas.

Halaman:

Editor: Dedi Suang MS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x